Modifikasi Blog di Blogger ( Layout )

Nah.... kalau ini termasuk bagian yang kusuka, yaitu ngutak ngatik halaman blog sehingga menjadi seperti yang ku mau. Kaya iklan aja, KU TAU YANG KU MAU. Hehehehe . Kujelasin secara umum dulu yah.
Tab layout memiliki empat bagian, yaitu :
  • Elemen halaman, merupakan tampilan elemen-elemen yang ada dihalaman blog. Terdiri dari navbar, header (judul blog), bagian utama (posting blog), dan sidebar ( menampilkan identitas pemilik blog dan list artikel) dan gadget (tambahan feature).

o Navbar, merupakan bagian atas di halaman blog anda. Edit navbar hanya berguna untuk merubah warna navbar. Sebenernya sih ada cara untuk menghilangkan tampilan navbar ini, tapi saya lebih suka untuk tidak menghilangkannya.

o Header, dibagian header, kita dapat mengedit judul blog dan menambahkan gambar di samping judul blog.

o Bagian utama, berguna untuk mengatur tampilan posting blog.

o Sidebar atas, terdiri dari 2 elemen yaitu bagian untuk menampilkan identitas pemilik dan bagian untuk menampilkan list artikel di blog.

o Gadget, merupakan tambahan fitur dari blogger untuk menambah keren tampilan blog.

Untuk mengubah letak masing-masing elemen tersebut sesuai keinginan anda, anda hanya perlu mengklik elemen tersebut dan mendragnya (menggesernya) ke tempat yang anda inginkan. Untuk melakukan pengeditan setting layout pada masing-masing elemen, klik tulisan Edit di pojok kanan bawah masing-masing elemen tersebut.

Saran saya dalam melakukan pengeditan setting layout : Bayangkan anda sebagai pengunjung blog anda dan lihatlah blog anda sendiri. Apakah blog anda enak dipandang ? Apakah blog anda nyaman untuk dibaca dalam waktu yang lama ? Apakah tampilan blog Anda tidak terlalu panjang, sehingga mengganggu pembaca untuk sering men-scroll ke bawah ? Apakah gadget-gadget yang anda sediakan tidak terlalu mengganggu pembaca ? Nilailah sendiri blog anda atau anda bisa meminta penilaian dari orang lain. Nah, setelah selesai menilai, pasti anda sudah tahu apa yang harus diubah, supaya blog kita lebih nyaman di mata pengunjung. Kenyamanan pengunjung adalah No. 1 .

  • Font dan Warna, merupakan bagian untuk mengubah font dan warna elemen-elemen blog. Pertama, pilih elemen yang ingin diubah, kemudian pilih warna yang diinginkan atau tipe font dan besar font yang diinginkan. Dibagian bawah akan ditampilkan tampilan blog kita untuk melihat langsung hasil perubahan yang kita lakukan. Saran : Jika blog anda adalah blog pemberi informasi, sebaiknya anda memilih warna yang nyaman bagi mata manusia untuk dipandang dalam waktu yang lama, biar ga jadi gini nih mata kita .
  • Edit HTML, merupakan bagian untuk mengubah template. Ini adalah bagian yang paling sering kukunjungi dan bagian yang tersusah. Disini kita bisa mengupload template baru dari luar ataupun mengedit template yang telah tersedia. Jika anda ingin mengedit template yang telah anda pakai sekarang ( template bawaan blogger), INGAT, sebaiknya anda mendowload template aslinya terlebih dahulu dengan cara mengklik link “Download Template Lengkap” dan simpan file XML-nya. Hal ini berguna jika anda salah dalam hal pengeditan html sehingga template anda tidak dapat tampil ( rusak ), maka anda dapat menggantinya dengan template yang telah anda simpan. Untuk mengupload template dari luar, klik tombol Browse dan pilih file XML. Untuk mendapatkan template dari luar dan gratis, anda dapat mencari dengan Google search dengan kata kunci : free template web atau template web gratis atau template blog gratis atau yang semacam itulah. Mungkin nanti kusediain template blog gratis di website ini, tapi nantiiii...kalau ada waktu, sabar yah fren .
  • Pilih Template Baru, Untuk mengubah template dengan tempe...eh template yang disediakan blogger, anda dapat memakai fungsi ini. Pilihlah template baru yang anda inginkan kemudian klik tombol “SIMPAN TEMPLATE”.
Okeh, begitu dulu ya, sudah ngantuk nih, selamat mengutak-ngatik blog anda.
.

Tidak ada komentar: