Tips ngeblog untuk Newbie

Welcome back...Againnnn !!!

Hahahhaha, sebentar ngunjungin blog, terus berbulan-bulan blognya dicuekin, ntar ngunjungin lagi, ntar ditinggal lagi, terus saja seperti itu. Dasar bukan blogger profesional.. atau memang ga bakat jadi penulis blog ???
Ternyata setelah dipikir-pikir, untuk menjadi ahli blogger adalah harus suka menulis, karena saya sukanya membaca daripada menulis, jadi ya seperti ini nih, blognya terbengkalai ^_^. Tapi satu hal yang selalu membuatku terkejut jika balik ke blog ini, adalah jumlah pengunjungnya yang "wow", termasuk hebat untuk blog yang ditinggalkan oleh penulisnya ( Siapa sih penulisnya itu ?? Ga profesional sekali ^_^ ). Penulisnya keok, Alhamdulillah tulisannya tetap hidup. Karena jumlah pengunjung yang banyak, jadi saya sayang untuk meninggalkan blog ini.

Satu hal yang paling penting untuk menjadi blogger adalah :
Jadilah blogger karena memang mencintai blogger itu sendiri !!!
Blogger yang saya maksud adalah penulis blog yang sering mengeluarkan tulisan-tulisan terbarunya secara rutin. Minimal sebulan sekali lah...
Jangan menjadi blogger karena sekedar ikut-ikutan trend, atau keren, atau karena penghasilan yang didapat dari blogger. Karena kebanyakan alasan orang menjadi blogger adalah penghasilannya. Hal itu sah-sah saja, tapi kalau tidak mencintai blogger itu sendiri, hal itu sangat susah. Kenapa ? Karena harus mempunyai tulisan yang banyak, bagus dan menarik, yang tidak pernah mati, untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan dari ngeblog. Intinya ada perjuangan terlebih dahulu untuk mendapatkan penghasilan.
Contohnya ya saya sendiri. Alasan saya membuat blog karena sepertinya keren dan juga karena ada penghasilannya. Setelah membuat beberapa tulisan, saya pun mulai memasang iklan. Mulai rajin berkunjung untuk mempromosikan blog ku. Setelah lama ditunggu, penghasilannya sedikit juga, akhirnya kumulai melupakan blog ini, karena pada dasarnya tidak mempunyai jiwa blogger sih ^___^.

Satu saran yang penting untuk membuat banyak tulisan di blog adalah :
Tulislah apa yang kamu sukai, jangan dibebanimu harus menulis satu bidang saja, tulislah apapun (saran ini untuk newbie loh..). Misal tulislah hobimu, aktifitasmu, dan hal-hal yang tidak perlu research sana-sini. Karena research membuatmu makin malas membuat blog.
Tulislah kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dirimu, semisal kamu hobi jalan2, shopping, memasak, tulis saja hal-hal yang baru saja kamu lakukan. Easy kan ?

Sekarangpun kumulai mencoba tidak membuat blog khusus tentang tutorial membuat blog, karena hal itu membutuhkan research sana-sini, dan tidak berhubungan dengan aktifitasku sehari-hari. Walau pekerjaan ku adalah programmer, tetap aja tips trik membuat blog tidak menyangkut kerjaan sehari-hariku. Jadi aku membebaskan diriku untuk menulis apapun yang kusuka. I am free !!! ^_^.

Sekian deh tips trik dari saya, untuk selanjutnya saya akan menulis apapun yang saya suka...
Mungkin ada saran dari para blogger lain, baik newbie atau blogger profesional saat memulai membuat blognya ??? Mungkin bisa sharing sedikit disini...

Tidak ada komentar: